Selasa, 14 Mei 2019

Ingin Tahu Cara Bermain Capsa Susun ? Baca Disini !


Domino Terbaik - Capsa susun atau bisa dibilang sebagai permainan poker china adalah sebuah permainan yang sangat mengandalkan kecerdasan berpikir dan menganalisis serta kecapakan menyusun kartu. Untuk anda yang sering bermain poker tentu tidak akan kesulitan bermain peramainan ini, namun anda juga harus sigap berpikir dalam menempatkan kartu agar tidak salah.

Susunan kartu capsa susun sepenuhnya mirip dengan permainan poker biasanya. Namun pada permaiann ini anda akan menerima 13 kartu untuk menyusun 3 tingkatan kartu terbaik anda.

Kekuatan kartu dihitung berdasarkan peringkat kartu pada poker, namun ada beberapa keadaan dimana susunan kartu anda langsung dinyatakan sebagai pemenang. Susunan kartu spesial itu antara lain.
  • Capsa/ dragon
Susunan kartu tertinggi di permainan capsa susun. Kartu ini terdiri dari urutan kartu yang berurut dari As hingga K. Jika pemain mendaptkan kartu ini, maka dipastikan ia akan langsung menang.
  • Royal Flush
merupakan varian straight flush dengan nilai terntinggi dibandingkan Straight ini didapat dari kombinasi A-K-Q-J-10 dengan simbol yang sama.
  • Straight Flush
Susunan 5  kartu berurutan yang dengan simbol yang sama.
  • Four of a kind
Kombinasi 4 kartu dengan nilai yang sama.
  • Full house
Kombinasi gabungan antara Three of a kind dan pair.
  • Flush
Kombinasi 5 kartu dengan simbol yang sama tanpa mempedulikan urutan kartu.
  • Straight
Susunan 5 kartu berurutan dengan simbol yang berbeda.
  • Three of a kind
Kombinasi 3 kartu dengan nilai yang sama
  • Two pair
Kombinasi 2 kartu yang berpasangan.
  • One pair
Kombinasi 1 kartu yang berpasangan.
  • High card
Kartu yang tidak bisa terbentuk kombinasinya dan hanya meninggalkan kartu tertinggi sebagai kekuatan utamanya.

Cara Penyusunan kartu pada permainan capsa juga ada peraturannya tersendiri. Sebelumnya telah kami jelaskan bahwa setiap pemain akan mendapatkan 13 kartu untuk menyusun kartu mereka. Susunan ini pun terbagi menjadi 3 bagian, yaitu atas tengah dan bawah.

Pada aturan dasarnya, kartu di bagian bawah harus lebih kuat dari kartu bagian tengah dan kartu bagian tengah harus lebih kuat dari bagian atas. Jadi simpelnya seperti ini : susunan kartu bawah > susunan kartu tengah > susunan kartu atas. 

Susunan kartu ini terdiri dari 5 kartu dibagian bawah, 5 kartu dibagian tengah dan 3 kartu dibagian atas. Apabila pemain menyusun kartu dengan susunan kartu ditengah lebih kuat daripada susunan kartu dibawah, maka pemain tersebut akan langsung kalah karena dianggap telah melakukan salah susun.

Begitu juga sama halnya apabila pemain menyusun kartu dibagian atas lebih kuat dari pada kartu dibagian bawah dan kartu di bagian tengah. Namun bukan berarti kartu diatas tidak menentukan apa-apa. Kadang kala pemain terlalu fokus untuk memasang kartu terlalu kuat di bagian bawah dan tengah hingga melupakan kartu diatas.

Kartu diatas sering menjadi penentu kemenangan permainan tanpa disadari oleh pemain. Saran kami, sebaiknya susunlah kartu secara merata namun tidak melanggar aturan salah susun kartu.
Setiap urutan kartu dan penempatannya pun memiliki nilai khusus tersendiri. Misalnya :

·         Kartu Dragon : memiliki maksimal 52 poin. Poin ini dihitung dengan mengkalikan berapa jumlah pemain dengan 13. Jika pada meja hanya ada 3 pemain maka nilai yang didapat adalah 3x13.

·         Straight Flush : memiliki nilai yang beda bila ditempatkan di urutan yang berbeda. Bila dibawah ia akan bernilai 7 dan bila ditengah ia akan bernilai 14.

·         Four of a kind : memiliki nilai 5 jika dibawah dan memiliki nilai 10 jika di tengah.

·         Full House : bernilai 3.

·         Three of kind : khusus three of a kind di barisan atas maka akan mendapatkan 3 poin

Capsa susun juga ada istilah tembus. Tembus ini ada 2 jenis, yaitu tembus biasa dan tembus 3 player. Pada dasarnya tembus ini sama artinya, hanya dibedakan apabila meja tersebut penuh atau tidak. Jika penuh maka disebut tembus 3 player.

Tembus ini memiliki arti dimana 3 susunan kartu anda mengalahkan semua susunan kartu pemain lainnya. Poin yang didapat jika tembus biasa, poin anda dikalikan 2. Jika tembus 3 player maka poin anda dikalikan 3.

Demikianlah sekilas pembahasan tentang permainan capsa susun. Semoga bisa membantu para pemain untuk mengerti permainan ini ya. Atas kesediannya membaca mimin ucapkan terima kasih.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar