Rabu, 15 Mei 2019

Poker vs Capsa Susun/Poker China, Permainan yang Mirip tapi Tak Sama





Halo berjumpa lagi dengan mimin, hari ini mimin ingin membahas tentang permainan poker vs capsa susun. Kedua permainan legendaris yang sudah banyak dimainkan dijaman dulu hingga masa-masa judi online di masi kini.

Kedua permainan ini memiliki sejarah Panjang dari 2 belah dunia yang sangat berbeda. Poker populer di negara bagian Texas Amerika Serikat dan Capsa Susun sangat terkenal di negara China dan negara di Kawasan Asia Timur dan Tenggara. Sehingga capsa susun sering disebut poker china.

Jika kalian pernah mencari tentang paduan bermain capsa susun, sekilas membaca pasti kalian akan kebingungan karena mengira anda salah masuk ke halaman panduan permainan poker. Tenang saja, kalian tidak salah, permainan ini memang ada kemiripan soal tingkat kartunya. Untuk mengurangi rasa bingung para calon pemain poker dan capsa susun online, hari ini mimin akan membahas persamaan dan perbedaan kedua permainan tersebut, cekidot !

Perbedaan 


Seperti yang kita bahas sebelumnya, kedua permainan ini mempunyai latar belakang dari 2 belah dunia yang benar-benar berbeda. Perbedaan yang paling mencolok dari permainan ini adalah jumlah pemain dan jumlah kartu yang dipakai. Poker bisa dimainkan 8 hingga 9 orang, sementara capsa susun paling banyak hanya 4 orang. 

Penyebab sedikitnya jumlah pemain di capsa susun adalah karena pembagian kartunya. Pada permainan poker setiap pemain hanya menerima 2 kartu, sementara pada capsa susun pemain menerima 13 kartu. Cara bermainnya sangat berbeda. Pada poker kita membentuk best hand kita dari 2 kartu yang kita terima dan sisanya 5 kartu yang ada di meja.

Pada capsa susun, dari ke 13 kartu tersebut harus kita susun untuk mendapatkan besthand kita. Pembagaiannya pun tidak asal-asal, Posisi kartu dibagi menjadi 3 bagian. Yaitu 5 kartu di bawah, 5 kartu ditengah dan 3 kartu diatas. Besthand di bawah harus menjadi yang terkuat dan besthand di tengah harus lebih kuat dari besthand di atas. Bisa disimpulkan seperti ini : Kartu bawah > kartu tengah > kartu atas.

Perbedaan berikutnya adalah peringkat kartu terbaik. Kartu terbaik pada poker adalah Royal Flush. Dimana susunan kartu ini sangat sulit didapatkan, bahkan tidak mencapai 1 persen. Pada Capsa susun, royal flush memang ada digunakan, namun bukan urutan tertinggi. Urutan tertinggi kartu capsa susun adalah dragon. Dragon adalah susunan kartu mulai kartu As hingga King secara berurutan tanpa harus memiliki lambang yang sama. Kemungkinan mendapatkan kartu dragon ini sangatlah sulit dan kemungkinan hanya bisa terjadi 1 kali dalam 1000 putaran.

Persamaan 


Meski mekanisme permainannya berbeda, namun permainan ini masih memiliki kaitannya satu sama lain. Permainan capsa susun ini adalah turunan dari permainan poker. Sehingga urutan kartunya juga sama persis. Seblumnya mimin sudah bercerita tentang paduan capsa susun yang mirip poker juga. Jadi selain dragon, besthand permainan capsa dan poker itu sama persis, mulai dari Royal flush, straight flush, four of a kind, full house, flush, straight, three of a kind, two pair, one pair dan high card. Jadi jika anda sudah paham cara bermain poker, anda tidak akan mengalami kesulitan untuk bermain capsa susun.

Itulah perbedaan – perbedaan permainan poker dan capsa susun. Sejatinya kedua permainan ini memiliki kaitan yang erat satu sama lain, namun ditambah sedikit perbedaan dalam kebudayaan beramiannya.

Demikianlah artikel kali ini, mimin mohon pamit dan mengucapkan terima kasih atas kesedian anda membaca artikel ini. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar